ads

NLP Presuppositions


Apa anda pernah memesan espresso di kedai kopi ‘Starbucks’?

Berapa harganya?

Apa anda rela mengeluarkan uang dengan nilai yang sama dengan kopi espresso yang sama namun disajikan di tempat kopi lesehan pinggir jembatan?

Saya yakin tidak, mengapa demikian? Padahal dalam kasus ini kopi yang disajikan adalah kopi yang sama, dan pastinya memiliki rasa yang sama.

Coba perhatikan poinnya, hanya dengan memindahkan sebuah benda yang sangat jelas itu adalah benda yang sama pada tempat berbeda, bisa merubah nilai dari benda tersebut. Itulah ‘konteks’ yang secara ajaib bisa memberikan nilai dan makna dari sesuatu.

Sebenarnya nilai dan makna dari sesuatu tersebut hanya ada dalam pikiran kita, kita bisa menganggap kopi itu mahal atau sebaliknya dengan kemampuan kita. Karena pada dasarnya manusia memiliki kemampuan untuk menentukan respon terhadap hidupnya sendiri. Konteks ini yang mendasari NLP Presupposition.

NLP Presuppositions adalah landasan dari munculnya semua pemikiran dan teknik dalam NLP. Cara kerjanya adalah sebagai filter yang menentukan cara kita memahami realita di luar diri kita. Ini adalah beberapa NLP Presupposition:





1 comment: