ads

Percaya Diri dalam 3 Langkah



Terganggu dengan kepercayaan diri?

Atau ada orang di sekitar Anda yang merasa demikian?

Hal ini dapat menghambat kemajuan, saya merasakan sendiri, ketika remaja ketakutan saya untuk berbicara di depan orang sangat besar.

Saat itu saya dipercaya untuk menjadi MC di acara kecil-kecilan yang dihadiri guru, wali murid dan teman-teman.  Sebenarnya saya menolak, tetapi semua guru memaksa. Akhirnya dengan berat hati saya lakukan itu.

Microphone saya pegang, tapi kepala menunduk menghadap kertas berisi susunan acara yang akan saya bacakan, microphone dijauhkan agar suara tidak terdengar jelas, nafas terasa berat ketika berbicara.

Begitu terus berlanjut sampai acara selesai.

Setelah beberapa hari, saya mulai berpikir "kenapa saya waktu itu setakut itu?",  saya mulai merasa tidak menemukan resiko untuk bicara didepan umum.

Takut? apa yang ditakutkan?
Malu? toh waktu itu semua juga sudah kenal

Tidak bisa? acara juga berjalan sampai akhir

Sejak saat itulah saya sadar bahwa saya harus berubah.

Saya ingin menjadi orang yang bermanfaat, pasti Anda pun juga begitu. Tapi bisakah kita menebar manfaat apabila kita tidak percaya diri?

Akankah tokoh-tokoh hebat mampu membawa perubahan apabila mereka tidak percaya diri? silahkan jawab dalam hati.

Begitu pentingnya kepercayaan diri.

Lalu, bagaimana meningkatkan kepercayaan diri apabila kita merasa itu sulit?

Ada 3 langkah sederhana untuk meningkatkan kepercayaan diri.


MA RU KO
kita bahas satu per satu:

MA (Manfaatkan kesempatan)

Ibarat kita mengendarai sepeda motor dibelakang truk besar yang mengeluarkan asap hitam, disaat yang sama ternyata jalan yang berlawanan sangat sepi sehingga ada kesempatan untuk mendahului truk tersebut.

Apa yang bisa kita lakukan?

Bisa kita bayangkan apabila kita tidak menggunakan kesempatan itu untuk mendahului, kita akan tetap berada di belakang truk ditemani asap hitam pekat menyiksa.

Oke, mungkin ada yang berpikir "ah, bisa nanti", belum tentu jalan satunya masih sepi, siapa tahu sampai akhir tujuan kita jalan tersebut ramai dengan kendaraan sehingga sulit untuk mendahului.

Kalau kita dahului truk tersebut, yang jelas kita bisa berada di depannya dan bisa melesat lebih cepat.

Itulah yang terjadi, ketika ada kesepatan yang menguji kepercayaan diri kita, manfaatkan. Dengan begitu kita bisa belajar dan bisa melesat lebih cepat

RU (Rubah sudut pandang)

Hal ini bisa dilakukan untuk mengurangi level ketakutan dan meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Rubahlah sudut pandang, coba lihat ketakutan Anda dari sisi lain. Misal, Anda takut ditertawakan.

Posisikan diri Anda sebagai seorang komedian, tawa audiens adalah dukungan, dan rahasianya, ketika mereka tertawa sebenarnya mereka menaruh perhatian besar pada Anda. Hal yang baik kan?

Boleh juga dengan cara mencari resiko terburuk, kalau resiko terburuknya adalah kematian, Anda boleh tidak mengambil kesempatan, kalau sekedar malu, toh juga kalau tetap dilakukan tidak akan mati. :D


KO (Konsisten)

Berlatih secara konsisten, tambah jam terbang untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Takut itu wajar, tapi level ketakutan bisa turun ketika mulai terbiasa. Tetap konsisten berlatih akan meningkatkan kepercayaan diri


Demikian 3 langkah sederhana untuk lebih percaya diri, dengan dijalani semoga kita bisa menjadi orang yang lebih bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment